Cara menginstal CMS Slims

Author: Shconer Design // Category: , ,

Bercerita tentang content management systems SLIMS (Senayan Library Management System ) mungkin belum banyak dari anda yang belum tahu tentang cms sofware slims, slims menurut pengertian yang saya kutip dari group slims adalah perangkat lunak system manajemen perpustakaan (Library Management System) sumber terbuka yang dilisensikan dengan GPL v3.Aplikasi yang dikembangkan oleh tim pusat dari pusat informasi dan Humas Department Pendidikan Nasional Republik Indonesia cms slims dibangun dengan menggunakan php,basis data MySQL dan pengontrol versi git pada tahun 2009,senayan memenangi INAICTA 2009 unutk kategori open source.
Senayan pertama kali digunakan di departemen Pendidikan Nasionl,pengembang dari cms slims dilakukan oleh SDC(Senayan Developer Community).Dikordinir oleh Hendro Wicaksono,dengan programer Arie nugraha,Wardiono, sementara dokumentasi dikerjakan oleh Purwoko,Sulfan Zayd, M Rasyid Ridho, Arif Syamsudin.

Baiklah langsung saja saya sharing bagaimana cara install slims di localhost:
1.Sama hal nya dengan cara menginstall ,joomla,dan wordpress dilocalhost,slims juga hampir sama yaitu kita membutuhkan database, disini saya menggunkan xampp unutk latihan sebelum di online kan di internet.

2.Anda jalankan xampp pada komputer anda.

3.Untuk mencoba apakah xampp yang anda install telah berjalan .anda bisa membuka browser kemudian ketik http://localhost

4.Setelah server anda siap kemudian anda akan meletakkan sofware cms slims kedalam server untuk melakukan instalasi sofware cms tersebut

5.Download terlebih dahulu cms slims diwebiste resmi slims disini

6.Letakkan file zip yang anda download anda di xampp lalu htdoc paste buat folder misal belajarslims baru lalu letakkan file zip anda kemudian extract.
7.Kemudian buat database dengan mengetik pada sidebar http://localhost/phpmyadmin/.

8.Lalu buat user dan password pada database anda dengan pilih privileges klik add a new user isikan pada form yang telah disediakan.

Pada User name = isikan nama anda
Host = isi localhost
Password = isi password anda
jangan lupa anda check all kemudian klik GO.

9.Kembali pada database kemudian pilih import klik browse cari file yang telah anda download terletak pada file Install lalu pilih sample_data ( SQL script file) SQL script file yang ada, lalu klik Go.

10.Setelah sukses anda import sample _data kemudian anda lakukan penyetingan configuraton pada database, dengan cara pilih file sysconfig.inc(php file)lakukan penyetingan sesuai dengan nama,password dan database yang telah anda buat.

Setelah selesai anda lakukan penyetingan pada configuration nya , coba anda ketikan di sidebar browser localhost/belajarslims , sesuai dengan nama file yang anda buat pada htdoc, selamat menggunakan content management systems slims.
Sampaikan komentar berilian anda.

0 Responses to "Cara menginstal CMS Slims"

Post a Comment